.

Around the Genres: 101 Subgenre Romance-Romantic Suspense


Di postingan sebelumnya saya sudah membahas sedikit tentang definisi romance fiction. Yang jelas romance fiction is smart, fresh, and diverse (seperti kata myRWA). Genre ini memiliki dua elemen paling mendasar yaitu:  fokus pada kisah cinta dan kepuasan emosi dan optimistic ending.

Romance Fiction, memiliki banyak sekali subgenre.
-Adventure Romance
-Paranormal Romance
-Historical Romance
-Western Romance
-Erotic Romance
-Contemporary Romance
-Chic-lit
-Fantasy Roamnce
-Romantic Suspense
-dll.
Bisa lihat di sini.

Kali ini saya akan membahas subgenre ROMANTIC SUSPENSE yang jadi favorit saya setelah historical romance. Di goodreads, ada perdebatan tentang genre suspense ini. Apa bedanya dengan thriller, criime, dan mystery? Saya jadi bingung juga akhirnya.
Menurut writersdigest, Romantic Suspense: a novel in which an admirable heroine is pitted against some evil force (but in which the romantic aspect still maintains priority).
Setuju deh dengan definisinya, karena buku-buku yang saya baca selama ini --dan itu masih sedikit--sesuai dengan apa yang didefiniskan writersdigest tersebut.
Sampai saat ini saya baru baca buku-bukunya Linda Howard (lagi?), Nora Roberts, dan satu buku JD Robb. Kalau mau tahu lebih banyak buku-buku jenis ini bisa lihat di goodreads.


Mengapa saya suka Romantic Suspence?
Mungkin karena sejak kecil saya suka buku-buku detektif karangan Enyd Blyton, Alfred Hitchcock, Agatha Christie, lalu mengenal Sydney Sheldon dan John Grisam. Kemudian ketika menemukan tulisan Linda Howard, akhirnya ketagihan dengan subgenre ini. Bertepatan saat itu saya lagi jatuh cinta sama novel-novel genre romance. Beruntung pula cover-cover novel ini tidak mengundang pelototan karena tidak menampilkan otot pria dan perut penggilesan bajunya atau pose 'hawt' pria dan wanita.
Tokoh-tokoh dalam sugbenre ini biasanya polisi, agen CIA dan mantannya, detektif. Intrik-intrik kejahatan yang melibatkan CIA sangat asyik untuk diikuti. Kalau pernah membaca buku MOSSAD, semua intriknya mirip.


Efek buruk (atau malah bagus?), saya jadi tidak gampang percaya dengan berita di media tentang kasus-kasus kejahatan  yang terjadi di tingkat atas. Karena tidak menutup kemungkinan banyak rekayasa yang dilakukan untuk kepentingan politis.
Meskipun buku-buku fiksi itu adalah imajinasi, tapi bagaimanapun, sebuah karya (dalam hal ini tulisan) itu adalah cermin masyarakatnya.

Untuk subgenre ini, biasanya akan terjadi hubungan romantis selama mengusut kasus. Beberapa buku menceritakan kisah cinta antara polisi (agen, detektif) dengan tokoh yang diselamatkan. Beberapa lagi mengisahkan tentang korban sandera yang jatuh cinta pada penyanderanya. Dalam psikologi lebih dikenal istilah Sindrom Stockholm. 

Baca juga postingan teman-teman tentang subgenre romance lainnya:.
Around the Genres: 101 Subgenre Romance-Romantic Suspense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment