.

The 5th Wave


The 5th Wave (Gelombang 5)

Angelic Zaizai (Terj.)
GPU – Desember 2013
576 hal.

Bumi dikuasai oleh Alien. Populasi manusia semakin langka. Alien ‘membasmi’ manusia dalam beberapa gelombang.

Gelombang pertama: dengan gelombang elektromagnetik yang super dasyat, bumi dalam kegelapan. Aliran listrik terputus, sumber energi mati total.

Gelombang kedua: tsunami – menewaskan 3 milyar manusia.

Gelombang ketiga: wabah penyakit.

Gelombang keempat: peredam – penembak misterius yang mengintai manusia dari tempat-tempat tersembunyi.

Cassie dan keluarganya masih selamat dan utuh sampai gelombang ketiga, di mana akhirnya ibu Cassie terkena wabah penyakit.

Gelombang keempat merengut nyawa ayahnya dan memisahkan Cassie dari adiknya, Sammy. Katanya Sammy akan dibawa ke tempat yang lebih aman bernama Kamp Haven. Tapi, Cassie tak percaya – dan sejak ia melihat ayahnya ditembak di depan matanya, Cassie memutuskan untuk tidak percaya lagi pada siapa pun, atau apa pun.

Cassie berjuang sendiri, bertahan, hingga untuk sampai pada tujuan akhir – menjemput Sammy. Ia nyaris mati, tertembak oleh peredam. Seorang pemuda misterius bernama Evan Walker, menyelamatkan nyawa Cassie. Evan membuat Cassie melanggar aturan yang ia buat sendiri – yaitu jangan percaya pada siapa pun dan tetap sendiri. Meskipun Evan sangat baik, tapi ada sesuatu yang mencegah Cassie untuk percaya pada Evan sepenuhnya.

Sementara itu, di sebuah tempat bernama Kamp Haven, tempat Sammy di bawa. Pada awalnya mereka diperlakukan sangat baik, hingga mereka percaya di sini mereka akan sangat aman. Ternyata, Kamp Haven tak lebih dari tempat pelatihan militer, di mana anak-anak dilatih secara untuk menghadapi medan perang dan memiliki naluri membunuh, dan mereka juga di’cuci otak’, hingga akhirnya mereka yakin tujuan mereka adalah menghancurkan para alien. Hanya segelintir yang menyadari akan kejanggalan tersebut.

Para alien masih belum puas …. Mereka sedang memulai gelombang ke lima …

Di awal, kesendirian dan perjalanan Cassie mengingatkan gue sama film I am Legend. Berjalan di tengah-tengah reruntuhan dan dalam kesepian, tapi harus ekstra waspada agar bisa bertahan hidup. Gue salut dengan keberanian Cassie, yang masih berusia 14 tahun, tapi menjadi lebih dewasa dan tangguh.

Ada banyak tokoh yang bikin gue penasaran : Evan Walker, Ben Parish – cowok yang ditaksir Cassie di sekolah sama Ringer – cewek yang jago banget menembak. Kita tunggu aja ‘penampakan’ mereka di filmnya. Kalo dari hasil browsing-browsing, koq si Ben Parish terlalu ‘unyu’ buat gue, kalo Evan Walker, ya.. okelah….


Di buku kedua – The Infinite Sea – para tokoh utama ini akan bertemu dan berjuang bersama. Hmm… mungkinkah ada persaingan antara Cassie dan Ringer? Atau mungkin antara Ben dan Evan?

Submitted for:

New Author Reading Challenge 2015
Lucky No. 15 Reading Challenge – kategori: Chunky Brick

Project Baca Buku Cetak 2015
The 5th Wave Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ponco Topanerz

Post a Comment