.

Saving CeeCee Honeycutt


Saving CeeCee Honeycutt

Beth Hoffman @ 2010

Abacus – 2012

312 pages


Sungguh berat kehidupan yang harus dijalani CeeCee Honeycutt. Sementara ia sendiri baru berusia 12 tahun. Ia harus menjadi pendamping ibunya, Camille Sugarbaker Honeycutt – mantan ratu kecantikan Vidalia Onion 1951, yang masih belum bisa melupakan kejayaan masa lalunya. Camille masih terobsesi dengan masa-masa dirinya sebagai ratu kecantikan. Ke mana-mana pergi dengan baju prom dan tiara. Sementara ayahnya, menyibukkan diri dengan pekerjaannya dan bisa dibilang ‘menelantarkan’ mereka berdua. CeeCee harus menanggung akibatnya, tersisih dari pergaulan, menerima ejekan orang-orang terhadap ibunya. Pelarian CeeCee adalah buku. Ia fans berat Nancy Drew dan meskipun terkucil, ia mendapatkan nila-nilai yang sangat bagus di sekolahnya.

Puncaknya adalah ketika Camille tewas ditabrak mobil es krim. CeeCee nyaris merasa sebatang kara. Temannya hanyalah tetangganya, Mrs. Odelle yang sangat baik hati. Untung ada Aunt Tootie, kerabat ibunya yang menjemput CeeCee dan mengajaknya tinggal di Savanah, tempat asal keluarga Camille.

Aunt Tootie ini adalah sosialita di lingkungan tempat ia tinggal. Ia tergabung dalam organisasi yang melestarikan bangunan-bangunan kuno di Savannah. Di sini, CeeCee bertemu dengan teman-teman Aunt Tootie dengan beragam karakter. Ada Miz Goodpepper yang ‘nyentrik’. Ada juga Oletta, juru masak Aunt Tootie, yang bayaning masakannya aja udah bikin ngiler --- kebayang aroma cinnamon rolls …. Hmmmm..

Untung yang senang drama, buku ini bisa jadi pilihan. Semuanya mengalir dengan sangat tenang. Bahkan ada bagian-bagian yang cenderung terasa biasa aja. Padahal di sini, karakter CeeCee dengan latar belakang yang menarik harusnya bisa dibuat lebih ‘dramatis’. Rasanya emosi CeeCee kurang terasa ‘nendang’. Pengen gitu baca sesuatu yang lebih, misalnya gimana CeeCee yang bergulat dengan kesedihan tapi gak bisa melampiaskan kesedihan itu, karena lebih ‘ketutup’ sama rasa marah terhadap ibunya atau gimana CeeCee juga berusaha ‘berdamai’ dengan sikap ayahnya yang melarikan diri itu.

Banyak masalah di dalam buku ini yang selesai begitu aja. Sedikit ada ketegangan, tapi abis itu, udah… selesai dan beres.

Submitted for:

New Author Reading Challenge 2015
Lucky No. 15 Reading Challenge – kategori: Favorite Color

Saving CeeCee Honeycutt Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ponco Topanerz

Post a Comment