.

Grimm Bersaudara: Perayaan ke-200

 Little Red Riding Hood >> Gadis Kecil Bertudung Merah

sumber gbr: http://www.slaw.ca/2012/12/20/google-doodle-little-red-riding-hood/
   Kemarin ketika membuka mesin pencari Google mata saya menangkap ilustrasi yang sangat familier yang terselip di antara huruf G O O G L E. Seorang gadis bertudung merah. Anak saya pun langsung mengenalinya pula.

Ah rupanya hari itu adalah perayaan ke-200 tahun terhadap karya pertama Grimm bersaudara yang dipublikasikan.


Ingatan saya langsung tertuju pada kisah Hansel dan Gretel. Kisah yang saya baca sejak kecil dan tertempel kuat dalam memori saya. Terutama pada adegan di rumah nenek sihir yang fantastis. Rumah yang dibuat dari roti dan permen. Seingatnya saya, dulu cerita ini dibuat dalam bentuk cergam.


Nah, saya pun penasaran ingin mencari buku dongeng saya. Ketemu! Untunglah baru saja saya merapikan koleksi buku di rumah dan memisahkan koleksi buku anak ke dalam rak tersendiri.
Lho, saya menemukan kisah  si Kerudung Merah atau Little Red Riding Hood ini di buku Kumpulan Dongeng Perrault, buku kesatu!

Dengan penuh semangat ditingkahi udara dingin pagi hari (dan hujan) saya pun mengubek-ubek Google. Ketemulah apa yang saya cari. Ternyata kisah si Kerudung Merah ini pertama kali memang ditulis oleh Perrault (Prancis), sedangkan Grimm Bersaudara menerjemahkannya dalam bahasa Jerman.

Kenapa Google tidak menampilkan ilustrasi Hansel dan Gretel saja, ya? Ah, hanya Google dan Allah Swt. yang tahu :)
 Keinginan saya untuk mengetahu siapa Grimm Bersaudara mengalahkan kemalasan. Mentradisikan rajin mencari data, kemudian saya mencari info sebanyak mungkin tentang Grimm Bersaudara. Inilah dia:

Grimm Bersaudara (bahasa Jerman: Die Brüder Grimm) merupakan kakak-beradik. Jacob Ludwig Carl Grimm (1785-1863) lahir pada 4 January 1785 dan  Wilhelm Carl Grimm(1786-1859) lahir pada 24 Februari 1786, kedua-duanya lahir di Hanau, salah satu kota di Jerman.Keduanya mengambil kuliah hukum di University of Marburg.
sumber gbr: http://www.ceritakecil.com/penulis-dan-pengarang-cerita/Brothers-Grimm-2

Mereka sangat terkenal karena menceritakan ulang kisah-kisah dan dongeng dari daratan Eropa seperti Snow White atau Putri Salju, Rapunzel, Cinderella, Hansel dan Gretel, dan banyak kisah-kisah lainnya.


Pada tahun 1808, Jacob diberi gelar 'Court Librarian to the King of Westphalia' dan tahun 1816 bekerja di perpustakaan di Kassel (salah satu kota di Jerman), tempat Wilhelm juga bekerja. Mereka tetap tinggal di sana hingga 1830, sampai mereka mendapatkan posisi yang lebih baik di 'University of Göttingen'.
Grimm bersaudara mempublikasikan volume pertama dari cerita dongeng, Tales of Chilren and the Home (Cerita tentang anak dan rumah), pada tahun 1812. Mereka mendapatkan cerita-cerita tersebut dari para petani dan penduduk kampung. Dalam kerjasama mereka berdua, Jacob melakukan lebih banyak riset dan penelitian sedangkan Wilhelm yang lebih lemah, menyusun kata-kata dan menyajikan cerita tersebut dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

Mereka juga tertarik pada cerita rakyak dan literatur tua, dan antara tahun 1816 dan 1818 mereka mempublikasikan 2 volume dari legenda rakyat jerman dan juga sebuah volume dari literatur sejarah. Pada akhir tahun-tahun kehidupan mereka digunakan dengan menulis kamus bahasa Jerman yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1854 dan sampai sekarang masih dibawa oleh generasi berikutnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Grimm_Bersaudara;
http://oase.kompas.com/read/2012/12/21/0147118 Perayaan.Grimm.Bersaudara.Bangkitkan.Dongeng.di.Jerman?

Grimm Bersaudara: Perayaan ke-200 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ponco Topanerz

Post a Comment