.

Abu Nawas Sang Penggeli Hati

Download (PDF)

Download (EPUB)

Nama Abu Nawas begitu populernya sehingga cerita-cerita yang mengandung humor , banyak yang dinisbatkan berasal dari Abu Nawas .
 Tokoh semacam Abu Nawas yang mampu mengatasi berbagai persoalan rumit

dengan style humor atau bahkan humor politis ternyata juga tidak hanya ada di negeri Baghdad saja . Kita mengenal Syekh Juha yang hampir sama piawainya dengan Abu Nawas dan juga Nasaruddin Hoja sang sufi yang lucu namun cerdas .

 Abu Nawas , setelah mati pun masih bisa membuat orang tertawa . Di depan makamnya ada pintu gerbang yang terkunci dengan gembok besar sekali namun di kanan kiri pintu gerbang itu pagarnya bolong sehingga orang bisa leluasa masuk untuk berziarah ke makamnya .
 Apa maksud dia berbuat demikian ?
 Mungkin itu adalah simbol watak Abu Nawas yang sepertinya tertutup namun sebenarnya terbuka , ada sesuatu yang misteri pada diri Abu Nawas . Dia sepertinya bukan orang biasa , bahkan ada yang menyakini bahwa dari kesederhanaannya ia adalah seorang guru sufi namun ia tetap dekat dengan rakyat jelata bahkan konsis membela mereka yang lemah dan tertindas .

 Begitu banyak cerita lain yang diadopsi menjadi Kisah Abu Nawas sehingga kadang-kadang cerita tersebut tak masuk akal bahkan terlalu menyakitkan orang timur . patut kita curigai jangan-jangan cerita-cerita Abu Nawas yang aneh itu sengaja diciptakan oleh kaum orientalis untuk menjelek-jelekkan masyarakat Islam . Oleh karena itu kita harus kritis dan waspada membaca cerita Abu Nawas !


Abu Nawas Sang Penggeli Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment